Sakit Punggung Saat Hamil Muda, Normal atau Tidak?

Mungkin sudah kebanyakan perempuan mengalamin keluhan sakit punggung selama kehamilan. Hal ini merupakan hal normal dan biasanya terjadi pada hamil trimester kedua dan ketiga pada masa kehamilan. Tidak hanya pada trimester tersebut sakit punggung ini sudah dirasakan sejak hamil trimester pertama.

Sakit Punggung ini terjadi karena proses penyesuaian tubuh terhadap perubahan dalam diri seorang calon ibu. Sakit punggung saat hamil biasanya terjadi pada sendi dan otot di bagian tulang panggul dan punggung bagian bawah. Rasa nyeri tersebut dapat muncul ketika membungkukan badan kedepan, mengangkat beban berat, bangun dari tempat tidur atau berdiri dari posisi duduk. Hal tersebut dapat terjadi kapan saja pada ibu hamil dan lebih sering saat terjadi di usia kehamilan 8 bulan.

Selain itu, ada beberapa kemungkinan penyebab dari sakit punggung yang dialami pada saat hamil trimester pertama.

Baca Juga: Mandi malam Penyebab sakit punggung?

Penyebab Sakit Punggung Saat Hamil

Ada beberapa penyebab sakit punggung saat hamil, yaitu:

1. Karena Perubahan Hormon

Pada selama kehamilan, tubuh tersebut memproduksi hormon relaksin dengan tujuan mempersiapkan diri untuk persalinan. Tubuh memproduksi hormon relaksin yang memungkinkan ligamen menjadi rileks dan membuat persendian menjadi longgar.

Ligamen dan otot yang menopang tulang belakang juga turut terkena dampak hormon tersebut. Akibatnya, ligamen dan otot di sekitar panggul menjadi longgar, sehingga membuat rasa nyeri di punggung.

2. Pertambahan Berat Badan

Kehamilan yang sehat bagi Ibu hamil pasti ditandai dengan mengalaminya kenaikan berat badan. Hal tersebut membuat Tulang Belakang yang bertugas menopang tubuh akan terbebani dengan pertambahan berat badan tersebut, yang dapat menimbulkan rasa sakit pada panggul dan punggung, khususnya punggung bagian bawah.

Pada dasarnya nyeri punggung tersebut tidak dapat dihindari para ibu hamil.

3. Perubahan Pada Postur Tubuh

.

Setiap ibu hamil pasti mengalami perubahan dalam postur tubuh dan bentuk badan. Kehamilan tersebut dapat menggeser titik berat atau pusat gravitasi tubuh, sehingga postur tubuh, dan beberapa aktivitas seperti berjalan, posisi tidur, dan cara duduk juga berubah. Selain itu, postur tubuh yang salah, berdiri terlalu lama, tidur telentang, dan membungkuk untuk mengambil benda juga dapat memperparah sakit punggung.

Dalam proses perubahan tubuh tersebut, ibu hamil akan mengalami rasa sakit punggung karena penyesuaian postur tubuh.

4. Stres Pada Ibu Hamil

Stres pada ibu hamil dapat menjadi salah satu alasan punggung terasa sakit, baik stres fisik maupun emosional, dapat menyebabkan ketegangan otot di punggung. Stres juga dapat mengakibatkan tegang otot dan sesak, terutama pada daerah yang menjadi kelemahan dan ditambah efek dari hormon relaksin.

Jika kamu calon ibu yang mengalami hal ini serta cemas akan sesuatu, punggung akan terasa nyeri.  Ibu hamil bisa mengurangi stres dengan meditasi, yoga prenatal dan istirahat tambahan.

5. Tidak Olahraga atau Jarang Berolahraga

Memang bagi ibu hamil tidak di perbolehkan untuk melakukan aktivitas yang menyebabkan kelelahan. Namun Hal ini tidak menutup kemungkinan untuk melakukan aktivitas olahraga yang baik untuk kesehatan ibu hamil. Jika jarang olahraga maupun tidak olah raga bagi ibu hamil, hal ini dapat memicu sakitnya punggung saat hamil.

Hal tersebut menyebabkan otot dan sendi di punggung menjadi lemah. Jadi sangat disarankan untuk melakukan sedikit olahraga yang teratur bagi ibu hamil agar tetap sehat dan tidak kaku maupun tegang.

Cara Mengatasi Sakit Punggung Ibu Hamil

Ada Beberapa solusi untuk meredakan sakit punggung saat hamil, yaitu dengan cara:

  • Pijat

Hal ini mungkin menjadi solusi bagi ibu hamil yang mengalami sakit punggung, dengan lakukan pemijatan di punggung bagian bawah dan seluruh punggung. Dalam memijat ibu hamil harus dilakukan oleh terapis pijat yang profesional atau pun pasangan untuk memberikan pijatan yang lembut. Pijatan tersebut dapat meredakan rasa lelah dan nyeri sakit otot.

  • Kompres Punggung

Untuk meredakan nyeri punggung atau sakit punggung mungkin dengan cara mengkompres dengan handuk yang bersisi es batu selama 20 menit dan diulang beberapa kali dalam sehari.

Setelah beberapa hari atau dalam tiga hari dapat diganti dengan kompres air hangat pada punggung ibu hamil, dengan cara menempelkan botol yang sudah diisi dengan air hangat ke punggung. Atau dapat dengan cara mandi air hangat. Metode cara ini mungkin dapat membantu meredakan rasa sakit punggung pada ibu hamil.

  • Olahraga

Dengan Rutin berolahraga ibu hamil dapat memperkuat dan meningkatkan kelenturan dan kekuatan otot, serta mengurangi tekanan pada tulang belakang. Dengan olahraga yang aman dilakukan semasa kehamilan adalah yoga prenatal, jalan kaki, senam kegel,berenang dan pilates.

  • Akupuntur

Perawatan alternatif ini dapat membantu mengurangi rasa sakit. Jika aku memutuskan untuk menjalani akupunktur, pastikan untuk memilih dokter yang terlatih dan berpengalaman.

  • Chiropractic

Perawatan tulang belakang chiropractic aman selama kehamilan. Namun, kami menyarankan kamu berkonsultasi dengan OB/GYN Anda dan memilih praktik chiropraktik yang memiliki reputasi baik sebelum menjalani perawatan ini.

  • Minum Obat Pereda Nyeri

Jika sakit punggung mengganggu kamu selama kehamilan, acetaminophen dapat membantu meringankan rasa sakit. Meskipun demikian, ibu hamil harus berkonsultasi dengan dokter sebelum dikonsumsi.

Baca Juga: Cara pijat untuk meredakan sakit punggung!!!

Disarankan untuk tidak memakai sepatu hak tinggi selama kehamilan. Jika kamu ingin mengambil sesuatu dari lantai, tekuk lutut terlebih dahulu alih-alih membungkuk lurus ke bawah. Jika rasa sakit berlanjut atau memburuk, segera temui dokter kandungan kamu. Sakit pinggang saat hamil seringkali membuat ibu hamil ketakutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *