Sakit Punggung penyakit Sejuta Umat

Siapa sih yang tidak pernah merasakan penyakit yang satu ini, sakit punggung bisa dikatakan sebagai penyakit sejuta umat karena umumnya dirasakan oleh semua orang yang ada didunia ini. sakit punggung sering kali di sepelekan karena di anggap hal yang biasa karena umum terjadi di kalangan kehidupan masyarakat. Tetapi kamu tau ngak sih apa itu sakit punggung, apa penyebabnya, dan bagaimana cara mengatasi dan mengobatinya. Nah di artikel ini kita akan belajar mengenai apa sih sakit punggung itu. 

Apa itu sakit punggung?

Sakit punggung adalah gangguan kesehatan kondisi dimana badan merasakan ketidaknyamanan fisik yang terjadi di bagian mana saja pada tulang belakang atau punggung, mulai dari ringan hingga yang membuat tidak dapat bergerak. Sakit punggung atau nyeri tulang belakang ini umumnya di sebabkan oleh banyak faaktor mulai dari kerja berat hingga aktivitas yang kita lakukan dalam waktu lama juga dapat menimbulkan sakit punggung. Sebenarnya sakit punggung bukanlah penyakit yang serius, tetapi jika dibiarkan terlalu lama akan menimbulkan efek yang serius seperti mendatangkan penyakit - penyakit yang lain seperti robeknya otot, dan masih banyak lagi.

Jenis - jenis sakit punggung

1. Slipped Disc

Slipped Disc atau saraf terjepit adalah Suatu kondisi yang mengacu pada masalah dengan lempeng kenyal di antara tulang-tulang belakang.

Kondisi ini umumnya terjadi saat bagian yang lembut di cakram tulang belakang didorong melewati celah di lapisan eksterior yang lebih keras. Slipped disc umunya disebabkan oleh cakram yang terkilir secara berlebihan karena aktivitas fisik.

2. Frozen Shoulder

Adalah Suatu kondisi yang di mana bahu terasa nyeri dan kaku. Kondisi ini sering terjadi pada orang dengan diabetes dan orang yang tidak mengerakan lengannya dalam waktu yang lama. Gejala biasanya hilang secara bertahap dalam kurun waktu 1 - 2 tahun.

3. Whiplash

Cedera leher atau cedera lecutan adalah jenis sakit punggung yang dapat terjadi saat kepala tiba-tiba tersentak ke belakang lalu ke depan.

Cedera jenis ini dapat terjadi, misalnya, pada saat tabrakan mobil dari belakang. Cedera bisa berkisar ringan hingga parah. Gejala utamanya adalah nyeri pada leher dan bahu.

4. Skiatika

Sakit pinggang jenis ini adalah nyeri yang menjalar di sepanjang saraf skiatika, yang merembet ke salah satu atau kedua kaki dari punggung bagian bawah. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh cakram terherniasi atau tonjolan tulang di tulang belakang yang menekan saraf.

Nyeri berasal dari tulang belakang lalu menyebar ke bagian belakang kaki. Skiatika biasanya hanya memengaruhi satu sisi tubuh.

5. Ankylosing Spondylitis

Ankylosing Spondylitis atau Artritis inflamasi jenis sakit punggung ini dapat memengaruhi tulang belakang dan sendi-sendi besar.

Kondisi ini lebih umum terjadi pada pria dan biasanya dimulai pada awal masa dewasa. Gejala ini biasanya muncul pada masa dewasa awal dan berupa kurangnya fleksibilitas di tulang belakang.

Faktor - faktor penyebab sakit punggung

Penyebab umum sakit punggung atau nyeri punggung adalah adanya jaringan tulang belakang yang terkilir atau tegang (strain). Nyeri seperti ini biasanya terjadi akibat mengangkat benda berat atau berolahraga secara berlebihan. Selain itu, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh cedera tulang belakang atau kelainan struktur tulang belakang. Dalam hal ini sakit punggung juga dapat di sebabkan oleh beberapa faktor, berikut adalah faktor - faktor penyebab sakit punggung.

1. Ginjal Bermasalah

Sakit punggung pada bagian tertentu memang bisa disebabkan karena berbagai hal. Mulai dari masalah rahim, tulang dan sendi, cedera, hingga masalah pada ginjal. Namun, sakit punggung yang dirasakan hanya pada bagian tertentu (kanan atau kiri punggung), patut diwaspadai bila sakitnya terasa amat menyakitkan.

Misalnya, jika hanya bagian punggung kiri saja yang terasa sakit, maka kemungkinan besar kalau ginjal bagian kiri yang mengalami masalah, begitu pula sebaliknya. Kalau anda mengalami kondisi ini, segeralah berdiskusi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Karena gijal dalam tubuh mempunyai peran yang amat penting dalam tubuh manusia.

2. Nyeri Punggung karena Haid

Ketika masa menstruasi mulai datang, tidak jarang banyak wanita yang mengalami sakit dan nyeri pada bagian tubuhnya, termasuk punggung. Melansir Lady Care Health, nyeri punggung saat menstruasi disebabkan oleh ketegangan otot perut yang berkontraksi saat mengeluarkan darah dari rahim. Proses kontraksi ini enggak cuma menyebabkan ketegangan pada otot perut saja, tapi juga otot pendukung lainnya. Seperti, punggung, pinggang, panggul, hingga paha atas.

3. Sakit Punggung karena Hamil

Selain mual, lemas, dan perubahan suasana hati, kehamilan juga bisa memicu rasa sakit pada area punggung. Nyeri punggung yang dirasakan ibu hamil umumnya terjadi pada sendi sakroiliaka (area yang mempertemukan tulang panggul dengan tulang belakang). Rasa nyeri ini biasanya terjadi saat ibu hamil membungkuk ke depan.

Biasanya sakit punggung ini bisa saja membuat ibu mengalami kesulitan untuk melakukan berbagai hal. Seperti berjalan dalam waktu lama, memakai atau membuka baju, mengangkat beban yang ringan, bangun dari tempat tidur, ataupun berdiri dari posisi duduk.

Cara mengatasi sakit punggung

  • Kompres dingin bagian punggung atau tengkuk untuk meredakan rasa nyeri.
  • Konsumsi obat penghilang rasa nyeri
  • Perbanyak istirahat. Usahakan untuk tidak menggunakan bantal terlalu tinggi saat tidur.
  • Hindari banyak membungkuk atau mengangkat benda yang berat.
  • Mengenakan korset khusus yang dapat memperbaiki posisi dan postur tulang belakang.
  • Menjaga berat badan agar tetap ideal. Hal ini bisa dicapai dengan rutin berolahraga dan mengikuti pola makan sehat.
  • Menjalani fisioterapi
  • Operasi tulang belakang. Langkah ini mungkin akan diperlukan jika cara-cara lain tidak berhasil mengatasi sakit punggung atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *